Sabtu, 31 Mei 2014

7 Fakta Seputar Dunia Komputer


Assalamualaikum wr. wb.
Dibalik kesuksesan dunia teknologi informasi (IT) terdapat fakta-fakta yang unik serta menarik untuk diketahui? Jika belum tahu, jangan khawatir karena Blog Planet Komputer kali ini akan menyajikan 7 Fakta Seputar Dunia Komputer. Silahkan simak dibawah ini...


1. Personal Computer IBM Pertama 
Personal Computer (PC) adalah konsep komputer untuk pengguna perorangan yang diwujudkan oleh IBM pada 1981. Model pertama IBM PC adalah 5150 yang berbasis prosesor intel 8088 dan sistem operasi Microsoft DOS. Namun mulai1983, IBM PC mulai tergeser dengan adanya kloning pertama yang ditelurkan compaq.

2. Pencetus Istilah Trojan Horse
Adalah Daniel Edwards dari National Security Agency (NSA) yang diakui mencetuskan istilah Trojan Horse untuk program jahat yang menyelinap dalam komputer korban. Inspirasinya tentu dari Kuda Troya yang digunakan bangsa Yunani untuk mengalahkan bangsa Troya dan mengambilalih kota Troya.

3. Aksi 'Hacking' Bill Gates Muda
Sewaktu muda Gates dikenal gemar mengotak-atik sistem komputer. Termasuk, bersama tiga rekannya, untuk mendapatkan akses gratisan. Namun yang paling unik, saat diminta membuat program penjadwalan di sekolah ia mengatur agar dirinya selalu ditempatkan dalam kelas yang banyak siswa wanita.

4. Bagaimana Menyebut @
Orang Indonesia menyebutnya ‘et’ atau ‘a keong’. Di Cina namanya ‘tikus kecil’. Di Swedia dan Denmark namanya ‘belalai gajah’. Di Jerman ’spider monkey’. Di Italia ‘keong’. Orang Israel menyebutnya ’strudel’.

5. Folder 'Terlarang' Di Sistem Operasi Windows
Di sistem operasi Microsoft Windows, pengguna tak akan pernah bisa membuat folder ataupun file dengan nama Con. Ini berlaku untuk semua jenis file. Apa sebabnya? Nama tersebut konon ‘dikunci’ oleh Windows sebagai nama sebuah device.

6. Pembuat Flash Drive Pertama
Tahukah Anda bahwa Flash Drive pertama kali dibuat oleh IBM? Tahun 1998 IBM merancang produk tersebut sebagai pengganti floppy drive pada notebook ThinkPad-nya. Meskipun demikian, IBM memilih tak mematenkan karya tersebut.

7. Nama Kode Processor dan IC
Intel gemar menggunakan nama geografis, terutama sungai di Amerika Serikat bagian barat, untuk menyebut produknya yang masih dalam pengembangan misalnya Deschutes atau Willamette. Sedangkan AMD lebih memilih nama kota-kota seperti Manchester, Newcastle atau Brisbane.

Itulah Artikel tentang 7 Fakta Seputar Dunia Komputer, sebenarnya masih banyak fakta-fakta seputar dunia komputer lainya, tapi saya hanya memilih 7 saja. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar